Wednesday, 25 September 2013

Antara ILMU dan HARTA



Saidina Ali apabila ditanya tentang beza ilmu & harta oleh 10 org, dia beri jawapan yg berbeza bg tiap soalan..
Andaikata 100 org tanya soalan yg sama dia akan memberikan 100 jawapan yg berbeza..

1."Ilmu lebih mulia drpd harta karena ilmu adalah warisan para nabi sedangkan harta kekayaan adalah warisan Fir'aun, Qorun, Syadad &  sejenisnya..
Maka ilmu lebih mulia drpd harta.."

 2."Ilmu lebih mulia drpd harta karena ilmu akan memelihara pemiliknya sedangkan harta, pemiliknya yg harus menjaga hartanya.."

 3. "Ilmu lebih mulia drpd harta benda karena org yg berilmu banyak sahabatnya sedangkan org yg banyak hartanya lebih byk musuhnya.."

 4. "Ilmu lebih mulia drpd harta karena ilmu bila disebarkan akan bertambah sedangkan harta jika disebarkan atau dibahagikan akan berkurang.."

 5. "Ilmu lebih mulia drpd harta karena pemilik ilmu mendapat panggilan org yg mulia & terhormat sedangkan pemilik harta akan mendapat julukan bakhil.."

 6. "Ilmu lebih mulia drpd harta karena ilmu hanya diberikan oleh Allah kepada org2 yg dicintainya sedangkan harta diberikan oleh Allah kpd org2 baik yg dicintai maupun yang tidak dicintainya.."

7.  "Ilmu lebih mulia drpd harta karena pemilik ilmu akan terima syafa?at pada hari kiamat sedangkan pemilik harta akan dihisab pada hari kiamat.."

 8. " Ilmu lebih mulia drpd harta karena ilmu tidak  akan binasa & tidak habis selamanya sedangkan harta akan habis & blh lenyap karena masa atau usia.."

9. "Ilmu lebih mulia drpd harta karena ilmu sebagai pelita penerang cahaya hati, menjernihkan fikiran & hati serta menenangkan jiwa sedangkan harta pada umumnya menggelapkan jiwa & hati, membuat hati keras dan membatu.."

10. "Ilmu lebih mulia drpd harta karena org yg berilmu lebih terdorong utk mencintai Allah, merendahkan diri & bersifat perikemanusiaan sedangkan harta benda membangkitkan org pada sifat2 sombong, bongkak, takabur & angkuh..."